Republika Online
Updated: Wed, 10 Apr 2013 06:07:49 GMT

Ertiga: Penerus Mobil Legendaris Suzuki (2-habis)



Ertiga: Penerus Mobil Legendaris Suzuki (© 2-habis)

Hemat, irit dan elegan
Walaupun masih perlu proses, tapi keunggulan Suzuki Ertiga dalam menarik minat konsumen Indonesia membuktikan bahwa kendaraan ini punya potensi menjadi mobil legendaris sebagaimana pendahulunya, Suzuki Carry.

Setidaknya dalam beberapa uji coba yang dilakukan sejumlah jurnalis, termasuk Republika, Suzuki Ertiga yang dilengkapi mesin berkapasitas K-14 VVT 1.400 cc (bensin) mampu melahap rata-rata sepanjang 16 kilometer (km) per liter premium, dan 20 km untuk mesin diesel DDis 1.300 cc per liter solar. Hal ini menempatkan Ertiga sebagai kendaraan terhemat (irit) bahan bakar untuk jenis kendaraan yang sejenis di kelasnya.

Soal harga, mungkin Ertiga lebih mahal dibandingkan dengan Daihatsu Xenia. Suzuki Ertiga dibanderol dengan harga varian termurah senilai Rp 143 juta, sementara Daihatsu Xenia seharga Rp 126,6 juta on the road Jakarta. Namun demikian, harga yang relatif lebih tinggi itu terbayar lunas dengan konsumsi BBM yang hemat (irit) plus desain rancang bangun mobil yang lega, lapang, elegan dan comport.

Semua itu, tentunya akan kembali ke pengguna atau konsumen dalam memilih kendaraan yang tepat untuk kebutuhan sehari-hari mereka. Termasuk soal pilihan pada harga atau konsumsi bahan bakar. Dan yang tak kalah pentingnya adalah harga purna jual (after sales) yang tinggi.

Terbukti lebih baik
Melihat sekilas perjalanan Suzuki Ertiga dalam setahun ini, tentu belum bisa dibandingkan secara keseluruhan dengan para pesaing-pesaingnya yang lebih dahulu membanjiri pasar.

Namun demikian, dari sejumlah analisis dan uji coba yang telah dilakukan, yakni selain hemat bahan bakar, harga terjangkau, dan desain mobil yang elegan, Suzuki Ertiga benar-benar akan menjadi primadona baru dan siap menjadi kendaraan favorit masyarakat Indonesia.

Hal ini juga dibuktikan dengan sejumlah prestasi dan penghargaan yang diberikan berbagai lembaga akan keunggulan dan kelebihan yang dimiliki Suzuki Ertiga. Kurang dari setahun, Suzuki Ertiga telah menuai sejumlah penghargaan.

Di antaranya Best New Comer (Pendatang baru terbaik) dari Autocar Indonesia Reader’s Choice Awards 2013, Car of the Year 2013 dari Otomotif Award 2013 untuk kategori “Best of the Best MPV” dan “Best Small MPV”. Kedua penghargaan yang diraih dari ajang Otomotif Award 2013 ini juga sekaligus menempatkan Suzuki Ertiga sebagai Car of the Year 2013.

Sebelumnya, Ertiga juga memperoleh beberapa penghargaan bergengsi, seperti ”Rookie of The Year 2012” oleh Bos Mobil.com (portal otomotif), ”Auto Bild Award 2012 - The Best Compact MPV” oleh Auto Bild Indonesia, “Mobil Motor Indonesian Car of The Year (ICOTY) 2012 – Best Small MPV" oleh Majalah Mobil Motor.

Sejumlah penghargaan ini telah menunjukkan bahwa Suzuki Ertiga memang terbukti lebih baik. Artinya, eksistensi atau kehadiran Suzuki Ertiga di Indonesia memang layak menjadi pilihan masyarakat.

Dengan kata lain, Ertiga siap melanjutkan posisi Suzuki Carry yang telah melegenda. Sebab, selama kurang lebih 36 tahun diproduksi, sampai kini Suzuki Carry masih menjadi salah satu pilihan favorit masyarakat.

Kontribusi Suzuki Carry yang demikian panjang selama hampir empat dasawarsa ini, menempatkannya sebagai salah satu kendaraan yang turut memberi sumbangsih besar dalam pembangunan nasional. Karena itu, melihat kesuksesan yang telah diraihnya saat ini, bisa diyakini bahwa Suzuki Ertiga akan merajai pasar low MPV dan menjadi pemimpin di kelasnya. Kita nantikan saja.

0Komentar
http://otomotif.plasa.msn.com/motorshow/geneva/
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft