Republika Online
Updated: Sat, 27 Apr 2013 02:00:00 GMT

Kiat Siasati Harga BBM Mahal



Kiat Siasati Harga BBM Mahal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Sebentar lagi pemerintah akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). PT. Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC) memberikan beberapa tips untuk mensiasati harga bahan bakar minyak (BBM) yang mahal.

Tips pertama, rencanakan perjalanan secara masak. Terlebih dulu perhitungkan seberapa penting tujuan perjalanan anda.

Alangkah baiknya jika perjalanan anda diganti dengan opsi menelpon, mengirimkan SMS, surat elektronik, Blackberry Messenger (BBM).

"Intinya urgensi sebuah perjalanan harus menjadi pertimbangan," kata Praktisi dan Pemerhati Road Safety – Lead Driving & Motorcycle Instructor JDCC Jusri Pulubuhu dalam siaran pers yang diterima, Jumat (26/4).

Kedua, biasakan menggunakan moda transportasi umum selain kendaraan pribadi. Moda transportasi umum dalam kota yang kian memadai seperti trans Jakarta, KRL, shuttle bus dapat menjadi pertimbangan.

Ketiga, anda harus pintar mencari rute yang terbaik. Kadang rute melebar dengan jarak yang lebih panjang memberikan hasil ekonomisasi pada konsumsi BBM kendaraan.

Rute sepi dan lenggang akan memberikan penghematan BBM ketimbang rute pendek tapi memiliki waktu tempuh lebih lama, beban kerja mesin semakin berat, rute stop & go di dalam kota akan menguras energi mesin lebih besar. "Perhatikan waktu-waktu jalanan macet dan anda harus memperhatikan rute-rute yang akan anda lewati," katanya.

0Komentar
http://otomotif.plasa.msn.com/motorshow/geneva/
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft