Republika Online
Updated: Wed, 13 Mar 2013 23:25:19 GMT

Kini, Bengkel Body Repair Mobil Bisa Waralaba



Kini, Bengkel Body Repair Mobil Bisa Waralaba

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jakarta Teknologi Utama menyediakan kemudahan bagi para investor yang tertarik dengan konsep waralaba (franchise). Bengkel yang berada di bawah perusahaan asuransi, PT Sinar Mas Multiartha ini menawarkan waralaba untuk body repair (perbaikan body mobil).

Komisaris PT Jakarta Teknologi Utama Njoman Sidarta menjelaskan, waralaba body repair ini merupakan yang pertama di Indonesia. Syarat untuk bisa mendapatkan waralaba ini pun cukup mudah.

"Franchisee tak dipungut biaya apa pun. Mereka hanya menyediakan tempat usaha dan peralatan kerja. Di luar itu disediakan oleh waralaba inti," katanya di Jakarta, Rabu (13/3).

Menurutnya, ini dimungkinkan karena tujuan perusahaan bukan untuk mencari keuntungan. Melainkan sebagai bentuk investasi. Yaitu, untuk meningkatkan jaringan dan standardisasi kualitas bengkel rekanan.

Selama ini, lanjut dia, perusahaan asuransi memiliki beberapa masalah terkait perbaikan mobil konsumen. Satu di antaranya yaitu perbedaan kualitas dari bengkel rekanan. Karenanya, dengan adanya sistem waralaba ini diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas bengkel rekanan di masa mendatang.

"Yang pasti, untuk investor, keuntungannya lebih baik dari pada deposito," tegas dia.

Keunggulan yang ditawarkan waralaba ini yakni sistem aplikasi bengkel (e-Tekno) yang dapat memonitor proses perbaikan kendaraan secara real time. Kemudian, pengadaan teknisi siap pakai, pemberian pelatihan keahlian khusus, dan pengadaan suku cadang.

Perusahaan juga akan memberikan teknologi paintless dent removal. Yaitu, teknik memperbaiki penyok pada body kendaraan tanpa proses pengecetan.

Termasuk juga online tracking system. Sebuah sistem online agar pelanggan dapat mengetahui jadwal perbaikan kendaraan secara menyeluruh. Serta jadwal perkembangan proses perbaikan kendaraan.

Pada kesempatan yang sama, perusahaan melakukan penandatangan kerja sama waralaba body repair dengan PT Auto Jaya Tekno. Perusahaan ini memiliki bengkel yang menampung 300 unit kendaraan dengan tingkat kerusakan berat dan 150 unit rusak ringan. Tekno Body Repair BSD akan mulai beroperasi pada tanggal 27 Maret 2013.

Ke depan, perusahaan berencana untuk melakukan kerja sama waralaba di beberapa kota lain. Antara lain, Bandung, Denpasar, dan Makasar.

0Komentar
http://otomotif.plasa.msn.com/motorshow/geneva/
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft